Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP)

Pendirian

Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan (PS MSP) berada di bawah Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP), didirikan dengan dasar Surat Keputusan yang ditandatangani oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia tertanggal 06 Agustus 1984 dengan Nomor 21/DIKTI/KEP/1984. Program Studi MSP memperoleh akreditasi “A” (Sangat Baik) sesuai dengan SK BAN-PT 08982/Ak-X-S1-010/UPEMZS/VIII/2006. Sesuai dengan visinya, PS MSP Unpatti berorientasi menghasilkan sumberdaya manusia yang profesional, kreatif dan inovatif dalam mengelola sumberdaya berbasis ekosistem pesisir, laut dan pulau-pulau kecil.

Kompetensi Lulusan

Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan Perairan di FPIK UNPATTI menyelenggarakan pendidikan tinggi agar menghasilkan lulusan sarjana (S1) yang menguasai dan mengimplementasikan prinsip-prinsip manajemen ( eksplorasi, eksploitasi, konservasi, rehabilitasi dan diversifikasi ), mendayagunakan sarana dan prasarana, menghitung dan menganalisis nilai ekonomik sumber daya perairan dan perikanan, serta dapat melaksanakan pemperdayaan masyarakat.

Visi
Sebagai Pusat Kompetensi Sumberdaya Manusia Perikanan dan Kelautan yang Profesional, Kreatif dan Inovatif  Dalam Mengelola Ekosistem Pesisir, Laut dan Pulau-pulau Kecil.

Misi

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan ahli pengelolaan ekosistem pesisir, laut dan pulau-pulau kecil;
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mendukung pengembangan dan penerapan model-model pengelolaan ekosistem pesisir, laut dan pulau-pulau kecil;
  3. Menyelenggarakan kegiatan kemahasiswaan berorientasi pengelolaan ekosistem pesisir, laut dan pulau-pulau kecil;
  4. Meningkatkan kapasitas dan daya saing PS-MSP dalam pengelolaan ekosistem pesisir, laut dan pulau-pulau kecil;
  5. Mewujudkan suasana akademik yang kondusif.

Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana yang berkompeten dalam pengelolaan ekosistem pesisir, laut dan pulau-pulau kecil;
  2. Menghasilkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mendukung pengembangan dan penerapan model-model pengelolaan ekosistem pesisir, laut dan pulau-pulau kecil;
  3. Menghasilkan kegiatan mahasiswa yang mampu mendorong pemahaman dan kapasitas pengelolaan ekosistem pesisir, laut dan pulau-pulau kecil
  4. Menghasilkan kelembagaan PS-MSP yang memiliki kapasitas dan daya saing dalam pengelolaan ekosistem pesisir, laut dan pulau-pulau kecil;
  5. Menghasilkan kegiatan pendidikan dan penelitian yang dinamis dan berkualitas.

Sasaran

  1. Terserapnya lulusan PS MSP pada institusi yang berkaitan dengan pengelolaan ekosistem pesisir, laut dan pulau-pulau kecil, dengan indikator capaian adalah 5 – 10 lulusan PS MSP terserap pada institusi pengelolaan ekosistem pesisir, laut dan pulau-pulau kecil;
  2. Keikutsertaan lulusan PS MSP dalam forum dan/atau kegiatan pengelolaan ekosistem pesisir, laut dan pulau-pulau kecil, dengan indikator capaian adalah 5 – 10 lulusan PS MSP ikut serta dalam forum atau lembaga pengelolaan ekosistem pesisir, laut dan pulau-pulau kecil per tahun;
  3. Terlaksananya penelitian yang mendukung pengembangan dan penerapan model-model pengelolaan ekosistem pesisir,laut dan pulau-pulau kecil;
  4. Terlaksananya pengabdian kepada masyarakat yang mendukung pengembangan dan penerapan model-model pengelolaanekosistem pesisir, laut dan pulau-pulau kecil;
  5. Meningkatnya pemahaman dan kapasitas mahasiswa dalam pengelolaan ekosistem pesisir, laut dan pulau-pulau kecil, dengan indikator capaian adalah orientasi penelitian seluruh mahasiswa mengarah pada pengelolaan ekosistem pesisir, laut dan pulau-pulau kecil;
  6. Adanya penelitian institusional mahasiswa yang berorientasi pada pengelolaan ekosistem pesisir, laut dan pulau -pulau kecil;
  7. PS MSP memiliki kekuatan fasilitas pendidikan dan penelitian yang menunjang program pengelolaan ekosistem pesisir, laut dan pulau-pulau kecil;
  8. PS MSP secara lembaga atau perorangan menjadi konsultan dalam program pengelolaan ekosistem pesisir, laut dan pulau-pulau kecil di tingkat daerah, nasional dan internasional;
  9. PS MSP memiliki jejaring komunitas pengelolaan ekosistem pesisir, laut dan pulau-pulau kecil;
  10. Terbentuknya jejaring komunitas pengelolaan ekosistem pesisir, laut dan pulau-pulau kecil berbasis PS MSP;
  11. Terlaksananya pendidikan karakter bagi mahasiswa, dengan indikator capaian adalah mahasiswa memiliki karakter dan etika intelektualitas yang baik;
  12. Terlaksananya kegiatan perkuliahan yang dinamis dan berkualitas;
  13. Durasi studi mahasiswa pendek dan berkualitas.

Kurikulum

msp

Tenaga Pengajar/Dosen

dmsp