Kurikulum

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan “FPIK”

Fakultas Perikanan dan Ilmu kelautan, disingkat FPIK, merupakan salah satu dari 8 (delapan) Fakultas yang berada di bawah manajemen Universitas Pattimura dan tidak dapat dipisahkan dari pergerakan roda kehidupan Universitas Pattimura menuju “center of excellence”.  Universitas Pattimura juga telah memilih dan menetapkan Pola Ilmiah Pokok (PIP) “Bina Mulia Ke-Lautan” sebagai arah pengembangan Universitas yang berkaitan dengan kondisi geografis daerah Maluku.  Dengan demikian, FPIK memiliki ikatan fungsional yang berkaitan langsung dengan PIP Universitas Pattimura, serta ditunjang oleh 7 (tujuh) Fakultas lainnya.

Perkembangannya FPIK diawali dengan terwujudnya sebuah embrio di dalam lingkungan Fakultas Peternakan-Perikanan pada tahun 1976, yang bertepatan dengan diterbitkannya SK. Mendikbud RI No. 039/KEP/1976 pada tanggal 15 Nopember 1976.  Berdasarkan SK tersebut, Fakultas Peternakan-Perikanan dipercaya untuk menyelenggarakan 2 jurusan, yaitu Jurusan Peternakan dan Jurusan Perikanan. Pada saat itu belum ada unit pelaksana pendidikan tinggi setingkat Program Studi (PS).

Selanjutnya, Fakultas Perikanan melepaskan diri dari induknya, Fakultas Peternakan-Perikanan pada tahun 1982, dan berdiri sendiri sesuai SK. Presiden RI No. 73/1982 tanggal 7 September 1982 dan dipercaya untuk menyelenggarakan 2 Jurusan/Program Studi (PS) yakni PS Manajemen Sumberdaya Perairan (PS MSP) dan PS  Pengolahan Hasil Perikanan (PS PHP).  Perkembangan Fakultas Perikanan berlangsung terus dengan bertambahnya sebuah PS baru, yaitu PS Ilmu Kelautan (PS IK) pada Jurusan MSP setelah diterbitkannya SK Dirjen Dikti No. 21/DIKTI/KEP/1988. Pembukaan Program Diploma-3, Budidaya Perairan pada lokasi Stasiun Lapangan Hila (SLH) dilakukan berdasarkan SK Rektor Unpatti No. 75 tahun 1995.  Penyelenggaraan Program D-3 dihentikan dan tidak lagi menerima mahasiswa baru untuk tahun ajaran berikutnya sampai sekarang akibat timbulnya konflik sosial pada tahun 1999.  Tahun 1994, Jurusan/PS PHP berubah nama menjadi Jurusan/PS THP (Teknologi Hasil Perikanan), sesuai Kepmen P dan K RI No. 0311/U/1994.

Pada tahun 2001, Fakultas Perikanan menambah lagi 3 PS baru berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 2595/D/T/2001 tanggal 6 Agustus 2001, yaitu:

  1. PS Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PS PSP)
  2. PS Sosial Ekonomi Perikanan (PS SEI)
  3. PS Budidaya Perairan (PS BDP)

Baik PS PSP maupun PS BDP berada di bawah koordinasi Jurusan MSP, sedangkan PS SEI berada di bawah koordinasi Jurusan THP.  Penambahan 3 PS baru membawa konsekuensi dengan meningkatkan jumlah Staf Pengajar sesuai tuntutan layanan yang saat ini telah mencapai 125 orang.

Perkembangan masih terus berlanjut melalui sejumlah kajian terhadap kondisi objektif Daerah Maluku, Pola Ilmiah Pokok (PIP) Unpatti dan arah pengembangan dalam Renstra Unpatti, serta paradigma baru pembangunan nasional, sehingga nama Fakultas Perikanan perlu disesuaikan menurut kebutuhan pembangunan dan berganti nama menjadi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan sesuai SK Mendiknas No. 121/O/2003 tanggal 5 Agustus 2003. 

Dengan demikian, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan telah menyelenggarakan pendidikan tinggi regular dan ekstension S1 dengan 2 Jurusan dan 6 Program Studi, serta Program Pascasarjana S2 dengan PS IK yang dijabarkan sebagai berikut:

1. Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP), menyelenggarakan:

  1. Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan (PS MSP)
  2. Program Studi Ilmu Kelautan (PS IK)
  3. Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PS PSP)
  4. Program Studi Budidaya Perairan (PS BDP)

2. Jurusan Teknologi Hasil Perikanan (THP), menyelenggarakan:

  1. Program Studi Teknologi Hasil Perikanan (PS THP)
  2. Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan (PS SEI/PS AGP)

Sejalan dengan perkembangan FPIK sampai dengan saat ini banyak hal yang harus dibenahi dari waktu ke waktu untuk membawa FPIK setara dengan Fakultas Perikanan pada Universitas lain yang berada di Indonesia. Hal lain yang membuat pembenahan terus dilakukan adalah FPIK harus mengikuti perkembangan llmu dan Teknologi serta kebutuhan pasar kerja.  Pengembangan FPIK terutama akan terlihat dalam struktur kurikulum, sehingga kurikulum FPIK perlu dievaluasi secara periodik untuk kemudian dilakukan revisi guna menjawab berbagai kepentingan pengembangan IPTEK sesuai kebutuhan masyarakat.

Dalam rangka revisi kurikulum tersebut maka oleh Dekan FPIK telah dikeluarkan SK No.193/H13.1.7/SK/2010 tentang Pengangkatan Panitia Semiloka Kurikulum Berbasis Kompetensi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura tahun 2010. Panitia ini bertugas untuk : (a) menyusun rencana, waktu (penjadwalan), tahapan, mekanisme dan pelaksanaan Semiloka KBK FPIK Unpatti ; (b) Melakukan koordinasi dengan setiap Program Studi di lingkungan FPIK Unpatti dalam mempersiapkan materi (draft KBK) Semiloka ; (c) Melakukan koordinasi dengan Team Change Fish-4 Nuffic Program ; (d) Melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait dalam mempersiapkan rencana dan materi Semiloka KBK ; (e) Menyelenggarakan Semiloka KBK FPIK Unpatti sesuai rencana. Dalam menjalankan tugasnya panitia revisi kurikulum akan bertanggung jawab kepada Dekan sebagai Pimpinan Fakultas. Berdasarkan SK tersebut maka panitia telah melakukan kegiatan Semiloka KBK pada tanggal 11 Pebruari 2011 yang melibatkan seluruh staf FPIK dan Stakeholder (pengguna lulusan). Dalam kegiatan tersebut panitia mengundang 2 orang narasumber dari IPB dan 2 orang lagi dari Unpatti. Dalam proses revisi kurikulum, bukan saja kebutuhan pasar serta kemajuan teknologi yang menjadi acuan akan tetapi revisi kurikulum ini juga mengacu pada Visi, Misi serta Tujuan dari FPIK dimana Visi dari FPIK untuk tahun 2009-2014 adalah sebagai berikut :

Terwujudnya Fakultas Yang Unggul Bersaing Dalam Pengembangan Sumberdaya Manusia, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Bidang Perikanan dan Kelautan Berbasis Kepulauan

Untuk mewujutkan Visi tersebut maka Misi FPIK adalah :

  1. Menghasilkan sumberdaya manusia yang unggul bersaing di bidang perikanan dan kelautan melalui penyelenggaraan pendidikan tinggi perikanan dan kelautan.
  2. Meningkatkan kualitas lembaga melalui penyelenggaraan pendidikan akademik .
  3. Meningkatkan kualitas sarana dan prasarana pendidikan.
  4. Meningkatkan pemerataan dan perluasan akses pendidikan.
  5. Meningkatkan tata kelola, akuntabilitas dan pencitraan publik.

Berdasarkan Visi dan Misi tersebut maka ditentukanlah tujuan FPIK yang adalah sebagai berikut :

  1. Menjadikan sumberdaya manusia yang unggul bersaing di bidang perikanan dan kelautan;
  2. Mewujudkan lembaga yang berkualitas dan menyelenggarakan pendidikan akademik bermutu;
  3. Mewujudkan sarana dan prasarana pendidikan akademik yang berkualitas;
  4. Mewujudkan pemerataan dan perluasan akses pendidikan akademik di bidang Perikanan dan Kelautan;
  5. Mewujudkan tata kelola (good governance), akuntabilitas dan pencitraan publik.

Kurikulum yang direvisi diharapkan tetap dapat menjawab Visi, Misi serta Tujuan dari FPIK, selain itu juga memenuhi Visi, Misi dan Tujuan masing-masing Program Studi (PS) yang merupakan turunan dari Visi dan Misi Fakultas.  Kurikulum didesain sedemikian rupa sehingga FPIK mempunyai ciri tersendiri dan mempunyai nilai kompetitif yang dapat bersaing dengan Fakultas Perikanan lainnya di Indonesia. Tujuan lain dari revisi kurikulum ini adalah untuk memenuhi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) seperti yang diisyaratkan dalam perkembangan kurikulum yang ada.  Revisi kurikulum ini bermanfaat untuk memenuhi berbagai kompetensi lulusan dari masing-masing PS sehingga FPIK dapat menghasilkan sarjana yang berkompetensi dibidangnya. Dengan demikian lulusan FPIK dapat berkompetisi untuk mengisi pasar kerja sesuai dengan perkembangan pembangunan.

Mata kuliah yang berasal dari kurikulum nasional dan diberlakukan oleh Universitas Pattimura, kemudian diimplementasikan di FPIK terdiri dari:

No.

Mata Kuliah

Kode

1.

Agama Islam

UWP121A

2.

Agama Kristen Protestan

UWP121B

3.

Agama Kristen Katolik

UWP121C

4.

Agama Hindu

UWP121D

5.

Agama Budha

UWP121E

6.

Agama Kong Hu Chu

UWP121F

7.

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)

UWP132

8.

Bahasa Indonesia

UWP323

9.

Ilmu Sosial Budaya Dasar (ISBD)

UWP124

10.

Bahasa Inggris

UWP125

11.

Kewirausahaan

UWP626

12.

Olahraga dan Seni

UWP407

13.

Kuliah Kerja Nyata

UWM838

Mata Kuliah-Mata Kuliah pada Kurikulum Inti berdasarkan Hasil Pertemuan Forum Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Se-Indonesia di Malang pada tanggal 12-13 Juli 2002, serta Berita Acara hasil rapat pimpinan pendidikan tinggi perikanan dan kelautan seluruh Indonesia, pada tanggal 9 Agustus 2005 di FPIK-IPB, Bogor, menyepakati penetapan Kurikulum Inti Nasional Program Studi di lingkungan fakultas/jurusan/program studi/sekolah perikanan dan ilmu kelautan.  Setelah mata kuliah-mata kuliah ini diverifikasi dengan mata kuliah yang telah diberlakukan oleh UNPATTI, maka disepakati mata kuliah-mata kuliah Inti di FPIK UNPATTI adalah sebagai berikut:

No.

Mata Kuliah

Kode

1.

Fisika Dasar

FWI131

2.

Kimia Dasar

FWI132

3.

Biologi Dasar

FWI133

4.

Matematika

FWI134

5.

Statistika

FWI335

6.

Dasar-Dasar Manajemen

FWI326

7.

Pengantar Ilmu Perikanan dan Kelautan

FWI227

8.

Pengantar Ekonomi Perikanan

FWI228

9.

Avertebrata Air

FWI339

10.

Ikhtiologi

FWI3310

11.

Ekologi Perairan

FWI4311

12.

Pengantar Oseanografi

FWI2212

 

No.

Mata Kuliah

Kode

13.

Limnologi

FWI3313

14.

Dasar-Dasar Budidaya Perairan

FWI2214

15.

Biologi Perikanan

FWI4315

16.

Dasar-Dasar Penangkapan Ikan

FWI2216

17.

Pengantar Teknologi Hasil Perikanan

FWI2217

18.

Praktek Keterampilan Lapang

FWI8318

19.

Seminar

FWI8119

20.

Masalah Khusus

FWI8620